Wakil Rektor III UTU Hadiri Pembukaan POMNAS XVI 2019 di Jakarta
  • UTU News
  • 22. 09. 2019
  • 0
  • 220

MEULABOH, UTU - Perhelatan olahraga mahasiswa terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dilangsungkan di Jakarta untuk ke-16 kali pada tahun 2019 ini.

POMNAS XVI Jakarta 2019 dibuka pada Kamis, 19 September 2019 di Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GMSB) dan ditutup sepekan sesudahnya pada Kamis, 26 September 2019. Pembukaan POMNAS XVI 2019 ini dihadiri oleh tujuh ribu orang, yang mencakup 3.404 atlet dan 1.337 official dari setiap provinsi di Indonesia serta supporter dari masyarakat umum.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Teuku Umar, Dr. Mursyidin, MA hadir mendampingi kontigen UTU pada acara pembukaan tersebut.

Kepada media UTU.News Wakil Rektor III menyampaikan POMNAS merupakan event akbar mahasiswa se-Indonesia yang bergengsi serta dapat menjadi ajang pembinaan karakter dan mental peserta.

“POMNAS XVI yang berlangsung di Jakarta mempertandingkan 19 cabang olahraga dan 4 cabor eksebisi yaitu angkat besi, bola tangan, criket dan e-Sport,” kata Mursyidin.

Menurutnya, 5 Atlet UTU bergabung dalam Kontigen BAPOMI Aceh yang berjumlah 111 orang atlet akan berjuang mengharumkan nama UTU dan Aceh di pentas nasional.

"Pada ajang POMNAS ini, para mahasiswa yang menjadi atlet selain diberikan kesempatan untuk saling mengenal mahasiswa dari provinsi lain, juga diberikan kesempatan untuk menjadi atlet yang akan dibina oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Selain itu, mereka akan diberi fasilitas untuk mengunjungi seluruh tempat wisata di DKI Jakarta." Lanjutnya

POMNAS kali ini yang pelaksanaannya dipimpin oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga mendapat dukungan berupa dana dan fasilitas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama bagi atlet dan officials.

POMNAS XVI Jakarta 2019 mengusung tema “Semangat, Sportif, dan Berprestasi”, sesuai dengan tujuan POMNAS, yaitu memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, dan persahabatan antar mahasiswa seluruh Indonesia, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional, serta menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Turut hadir dalam pembukaan ini Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan jajarannya, Ketua Panitia POMNas XVI sekaligus Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) DKI Jakarta Achmad Sofyan Hanif, Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrial, Walikota Administratif Jakarta Selatan Marullah Matali, serta para eselon Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, para perwakilan BAPOMI seluruh Indonesia, serta para atlet dan officials POMNAS XVI dari setiap provinsi di Indonesia.

Adapun nama-nama kelima Atlet UTU yang berlaga di ajang POMNAS XVI 2019 ini adalah Ayu Aprilia Zulkifli (Cabang Pencak Silat kelas C: +55-60 kg), Aifa Yanita (cabang panjat tebing kelas speed klasik dan Baulder); Malinda Sari (cabang panjat tebing kelas lead); Febri Ade Erwanto (cabang atletik lari 200 dan 400 meter putra) dan Cut Putri Diana (cabang atletik lari 200 meter putri). (Mursyidin).

Komentar :

Lainnya :