Tingkatkan Kualitas Proposal PKM, UTU Gelar Program Kemah Kreatif di Takengon
  • UTU News
  • 23. 10. 2021
  • 0
  • 814

MEULABOH - UTU | Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kelulusan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju pendanaan PIMNAS tahun 2022 mendatang, Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan program Kemah Kreatif yang diselenggarakan di Takengon.

Kegiatan yang akan berlangsung mulai 23 hingga 26 Oktober 2021 ini diikuti oleh 35 orang dosen pembimbing dan reviewer. Kemah Kreatif dilaksanakan di Hotel Renggali, Takengon, Sabtu (23/10/21).

Plt. Bupati Bener Meriah, Dailami dalam sambutannya mengapresiasi Universitas Teuku Umar yang telah memilih wilayah tengah Aceh sebagai tempat untuk melaksanakan programnya.

"Tadi pagi saya juga menghadiri kegiatan UTU di Damaran Baru, Bener Meriah, yaitu program Matching Fund Kedaireka berupa pelatihan CHSE kepada kelompok sadar wisata." Katanya

Plt Bupati juga menyambut baik atas rencana sejumlah kerjasama antara Pemkab Bener Meriah dengan Universitas Teuku Umar yang akan dituangkan dalam sejumlah MoA.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA mewakili Rektor Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya menyampaikan perkembangan Universitas Teuku Umar memasuki usia 7 tahun berstatus Negeri.

"Diusia yang baru 7 tahun Negeri, UTU berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, diantaranya UTU terakreditasi Baik Sekail dari BAN-PT, UTU juga berhasil menempati peringkat ke-3 untuk Wilayah Sumatera dalam hal pertumbuhan IKU. Khusus untuk Indeks kerjasama UTU berhasil meraih nilai sempurna 100 % dan tertinggi secara Nasional." Jelasnya.

Lanjutnya, UTU memiliki core productnya adalah agro and marine industri, maka pada malam ini juga akan dilanjutkan dengan penandatangan MoA antara dekan lingkup UTU dengan dinas terkait di Bener Meriah.

"Bener Meriah memiliki potensi pertanian yang snagat luar biasa, salah satu wujud kerjasama kedepan adalah penguatan dibidang pertanian, dan juga bidang-bidang lain yang sesuai." Lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Alfizar menjelaskan tujuan dari program Kemah kreatif untuk memberikan kesempatan kepada dosen  Universitas Teuku Umar untuk berfikir kreatif terkait ide dan gagasan untuk mewujudkan visi universitas sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi.

"Kegiatan kemah kreatif juga bisa disebut out of boundaries atau "keluar dari kebiasaan" dimana peserta diajak untuk berfikir luar biasa dan membuat inovasi-inovasi baru." Jelasnya

Lanjutnya, selama berlangsungnya kegiatan kemah kreatif ini, para dosen diharapkan mampu menggali potensi daya pikir kreatif yang akan menghasilkan inovasi-inovasi yang nantinya dapat disalurkan kepada mahasiswa, sehingga target kuantitas dan kualitas proposal PKM dapat tercapai.

"Dalam menghasilkan sumber daya manusia unggul, seorang dosen harus menguasai empat aspek, yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Maka untuk itulah program ini dilaksanakan." Tutupnya.

Hadir dalam acara pembukaan ini, Wakil Rektor II Dr. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA. Dekan Fakultas Teknik, Dr. M. Isya, MT, Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. T. Zulham, SE., M.Si, Dekan FISIP, Basri, SH., MH, Dekan FPIK, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si, Dekan FKM, Prof. Dr. Darmawi dan Dekan FP, Ir. Yuliatul Muslimah, MP.

Sementara itu dari jajaran Pemkab Bener Meriah turut hadir Sekda Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si, Kepala BAPPEDA, Khairun Aksa, SE, MM, Kadis Pariwisata, Irmansyah, S.STP., MSP, Kadis Sosial Ir. Mahmuddin, MAP. Kadis Disdukcapil, Sasmanto, SE, Kadis Kominfo Ilham Abdi, SSTP, MAP dan sejumlah pejabat lainnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :