Tingkatkan Kompetensi Penangkapan Ikan, Mahasiswa Perikanan UTU Lakukan Praktikum
  • UTU News
  • 03. 12. 2022
  • 0
  • 1094

 

MEULABOH, UTU – Dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa, Program Studi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar melakukan praktikum metode penangkapan ikan di Samudera Hindia (WPP 572). Kegiatan yang diikuti oleh 32 mahasiswa Perikanan tersebut dipusatkan di Kabupaten Aceh Barat, Sabtu 3 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa langsung didampingi oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah yang terdiri dari, Hafinuddin, S.Pi., M.Sc, Muhammad Agam Thahir, S.Pi., M.Si, Hamidi, S.Pi., M.Si dan Laboran Perikanan UTU, Jaliadi, S.Pi., M.Si, Abdul Karim, S.Pi dan Iyan Al Misbah, S.Pi serta didampingi asisten praktikum dari mahasiswa Prodi Perikanan Peminatan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK UTU.

Hafinuddin, S.Pi, M.Sc sebagai dosen pembimbing lapangan menjelaskan bahwa praktikum Metode Penangkapan Ikan (MPI) bertujuan agar mahasiswa dapat memperagakan secara langsung metode penangkapan ikan secara praktis di perairan laut, terutama dengan menggunakan alat tangkap jaring insang (jaring insang dasar, jaring insang permukaan), pancing ulur, bubu lipat, bubu kubah dan penangkapan ikan menggunakan alat bantu rumpon.

Sementara itu, Muhammad Agam Thahir selaku Ketua Prodi Perikanan menjelaskan dengan adanya praktikum kita berharap mahasiswa makin mencintai dunia perikanan. Mahasiswa dapat merasakan keadaan nelayan dalam mencari nafkah sehari-hari di laut.

“Oleh karena itu, kita berharap mahasiswa sebagai agen of change dapat semakin semangat dalam belajar sehingga dapat membantu nelayan, menjadi mitra untuk nelayan agar nelayan semakin sejahtera ke depan,” Ungkapnya.

Untuk diketahui, Pelaksaan praktikum dilaksanakan bersama armada penangkapan ikan 4-5 GT milik nelayan Lhok Meureubo yang dimulai pada pukul 07.00-17.00 WIB yang berjarak 4-5 mil laut dari PPI Ujong Baroh, Kabupaten Aceh Barat. Selain demontrasi alat dan metode penangkapan ikan, mahasiswa juga belajar cara pengambilan data ilmiah seperti pengukuran panjang ikan, pengambilan data bobot ikan dan identifikasi hasil tangkapan masing-masing alat tangkap. (Humas UTU)

Lainnya :