Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar Melakukan Kegiatan Sosialisasi SNMPTN

Meulaboh – Selama tiga hari berturut-turut, Program Studi Ilmu Kelautan bersama tiga prodi lainnya di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar laksanakan kegiatan sosialisasi program studi persiapan pendafataran siswa tahun ajaran baru Perguruan Tinggi Negeri. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan empat program studi yang ada di lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar kepada para siswa di Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu juga memberikan sosialisasi tentang Kampus Universitas Teuku Umar yang terdapat di Kabupaten Aceh Barat yang merupakan satu-satunya Universitas Negeri yang ada di pantai barat selatan Aceh, begitu pula halnya program studi Ilmu Kelautan yang juga merupakan satu-satunya program studi yang berfokus pada bidang kelautan dan pesisir di pantai barat selatan Aceh. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari 2020 disepanjang pantai barat Sumatera.

Sesuai dengan program pemerintah tentang kedaulatan kelautan dan perikanan Indonesia, maka pengetahuan dan pemahaman akan kemaritiman merupakan hal yang sangat penting, terlebih wilayah Indonesia yang secara geografis terletak pada lokasi yang sangat setrategis dimana terletak antara dua samudera besar di dunia yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang kaya akan potensi perikanan, kelautan serta dapat dimanfaatkan sebagai jalur transportasi laut dunia yang dapat memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia. Kabupaten Aceh Barat terletak di wilayah pantai barat Aceh, sebagai salah wilayah yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, keberadaan program studi Ilmu Kelautan di Universitas Teuku Umar sangat mendukung program pemerintah, hal ini dibuktikan dengan Nawacita Universitas Teuku Umar yang berfokus pada Marine And Agro Industries.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, gambaran serta dapat meningkatkan minat siswa terhadap kemaritiman Indonesia melalui program studi Ilmu Kelautan. Dengan demikian, Indonesia dapat terus mencetak para ahli kelautan dan perikanan guna menjaga dan meningkatkan kedaulatan kemaritiman Indonesia di kancah Internasional.

Komentar :

Lainnya :