Semangat Program Studi Ilmu Kelautan Dalam Meningkatkan IPTEK di Bidang Kelautan

Meulaboh - Bertepatan dengan diselenggarakannya kegiatan kemah kreatif SDM Universitas Teuku Umar di Pantai Lhok Geulumpang, Kabupaten Aceh Jaya, Program Studi Ilmu Kelautan memiliki cita – cita yang besar dalam pengembangan IPTEK di bidang kelautan. Hal ini disampaikan dalam diskusi ringan bersama Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Jasman J Makruf, Dekan Fakultas Perikanan Prof. Ali Sarong dan Kaprodi Ilmu Kelautan Mohamad Gazali, M.Si.

Dalam penyampainnya, Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Jasman J Makruf menyampaikan bahwa perairan dan pantai Aceh di wilayah barat memiliki potensi yang besar dalam bidang kelautan. UTU sebagai salah satu universitas yang terdapat di wilayah pesisir barat selatan memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan inovasi dan kreasi dalam menyelesaikan permasalahan pesisir dan laut di wilayah perairan pantai barat selatan. Salah satu program studi yang sesuai dengan cita – cita tersebut adalah Ilmu Kelautan, meskipun masih dalam usia yang tergolong dini, prodi Ilmu Kelautan diharapkan menjadi solusi dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dibidang kelautan, contohnya dalam penanganan sampah plastik dan membuat produk pengganti sampah plastik yang lebih ramah lingkungan.

Sesuai dengan program UTU yang fokus terhadap lingkungan bertemakan Go Green, Prodi Ilmu Kelautan juga telah menerapkan penggunaan botol minum isi ulang (tumbler) terhadap seluruh kegiatan mahasiswa dan dosen dalam ruang lingkup prodi. Dengan diberlakukannya ketentuan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan sampah plastik dan botol plastik serta membiasakan seluruh civitas prodi ilmu kelautan dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. (Samsul Bahri)

Komentar :

Lainnya :