Dosen Program Studi Ilmu Kelautan Mengikuti Kemah Kreatif SDM Universitas Teuku Umar

Meulaboh - Universitas Teuku Umar mengadakan kemah kreatif kepada seluruh tenaga pengajar dan tenaga pendidik di ruang lingkup kampus. Salah satu program studi yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah program studi ilmu kelautan. Terdapat lima orang tenaga pengajar program studi ilmu kelautan yang mengikuti kegiatan kemah kreatif tersebut. Melalui penyampaiannya, rektor Universitas Teuku Umar Prof. Jasman J Makruf menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para tenaga pengajar dan tenaga pendidik Universitas Teuku Umar dalam meningkatkan produktifitas para tenaga pengajar dan tenaga pendidik. Selain itu, kegiatan kemah kreatif ini juga menjadi ajang merenung kepada seluruh peserta untuk mengevaluasi diri dalam mengembangkan potensi diri demi mencapai semangat Universitas Teuku Umar yang berfokus pada pengembangan Marine and Agroindustry 4.0.

Dalam kegiatan kemah kreatif ini, para tenaga pengajar program studi ilmu kelautan terlibat dalam pengembangan kapasitas diri dan menyumbangkan berbagai ide kreatif yg berfokus pada penelitian dan pengabdian. Adapun ide kreatif tersebut nantinya akan direalisasikan dalam bentuk penelitian dan pengabdian baik melalui kegiatan penelitian mahasiswa maupun penelitian dosen yang nantinya dapat terus dikembangkan menjadi sebuah gagasan, penelitian ataupun produk yang kreatif dan inovatif. Mengacu pada visi Universitas Teuku Umar yakni menjadi sumber inspirasi dan referensi, para tenaga pengajar program studi ilmu kelautan juga terus meningkatkan mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian dengan membuka peluang kerjasama dengan peneliti baik dari dalam dan luar negeri. Hal ini dilakukan demi tercapainya kualitas tenaga pengajar yang kreatif dan inovatif dalam memenuhi tuntutan perkembangan pendidikan Indonesia.

Para tenaga pengajar ruang lingkup program studi ilmu kelautan juga terus mendukung kegiatan mahasiswa yang bersifat positif. Salah satu program yang saat ini rutin dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa adalah kegiatan Seminar Series yang dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan ini melibatkan tenaga pengajar sebagai pemateri secara bergantian baik yang berasal dari program studi ilmu kelautan ataupun program studi lainnya. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan motivasi dan wawasan diluar kelas perkuliahan untuk memacu semangat dalam mengembangkan potensi diri agar terbentuknya mental dan pemikiran mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Adapun kegiatan Seminar Series saat ini masih terus dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa ilmu kelautan (HMIK) dan akan terus menjadi agenda bulanan yang diharapkan dapat diadopsi oleh program studi lainnya. (Samsul Bahri)

Komentar :

Lainnya :