• Prodi Ilmu Kelautan
  • 27. 09. 2019
  • 45

 

Visi Program Studi:

Menjadi program studi ilmu kelautan yang inovatif, kreatif, inspiratif dan berdaya saing tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta bidang Marine Industries pada tingkat nasional 2030.

 

Misi Program Studi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan IPTEK dalam kelautan guna menghasilkan lulusan/sarjana professional sebagai pendukung pembangunan daerah, bangsa dan Negara disektor kelautan.
  2. Menyelenggarakan riset yang inovatif, berdaya saing tinggi dan berkelanjutan yang sesuai dengan kebutuhandan permasalahan masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan melalui pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing masyarakat dan badan usaha dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan – Tujuan Program Studi
  4. Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan dan berpengalaman dibidang ilmu maupun riset kelautan.
  5. Menghasilkan lulusan yang unggul dan terdepan dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati dan non hayati laut secara berkelanjutan.
  6. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kepemimpinan, berwawasan kebangsaan dan cakap dalam berkomunikasi sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan dibidang kelautan dan perikanan.
  7. Menghasilkan riset – riset terapan yang inovatif dan berwawasan konservasi laut.
  8. Membudayakan diskusi ilmiah baik antar mahasiswa, dosen, lembaga pusat studi dan organisasi profesi.
  9. Mendorong mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kemampuan ilmiah melalui riset ; menginterpretasi literatur, menulis proposal penelitian, menulis laporan penelitian dan publikasi serta presentasi pada konferensi/seminar ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional.
  10. Mengintensifkan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dalam hal riset maupun menerapan ilmu.